Monday, December 20, 2010

Disable Autorun-Autoplay Windows 7

Di Windows ada fitur yang bernama Autorun, Autorun ini adalah fitur yang fungsinya untuk manjalankan secara otomatis file-file yang ada di drive yang kita masukkan ke dalam pc.  Fitur ini biasanya terlihat pada saat kita memasukkan Removable Media ke dalam pc kita, yang biasa kita sebut dengan AutoPlay.
Nah, jadi secara otomatis juga, jika ada virus-virus kecil atau yang besar sekalipun, jika virus itu merupakan autorun virus (jenis virus yang secara otomatis menjalankan dirinya secara otomatis pada saat drive tempat dia hinggap aktif), maka pasti juga akan terjalankan otomatis, dan siap menjelajahi komputer kita.  Maka dari itu untuk pengamanan, lebih baik kita disable saja fitur autorun.  Untuk Windows 7 caranya seperti ini :
  1. Masuk Control Panel
  2. Klik Hardware and Sound
  3. Klik Autoplay
  4. Lalu Uncheck / Hilangkan tanda "Centang" PadaUse AutoPlay for all media and devices
Nah lalu sudah, jika sudah di setting seperti di atas silahkan coba tancapkan flashdisk, disc, portable hard drive atau yang lainnyake pc anda, dan AutoPlay tidak akan keluar lagi.  Dengan seperti ini kita sudah membantu dalam kesehatan komputer kita agar tidak tertular virus-virus dari Removable Devices yang ber-"penyakit". 
Terima Kasih.  Wassalam.

3 komentar:

Post a Comment