Friday, December 17, 2010

Membuat Video di VM Ware


VM Ware adalah sebuah software yang bisa kita gunakan untuk menginstall berbagai Operating System di Windows.  Selain itu ada lagi salah satu fungsi yang menarik di VM Ware, yaitu Capture Movie (gampangnya, Membuat Video).  Jika kita menggunakan fitur ini kita bisa merekam semua kegiatan yang kita lakukan selama menjalankan atau menginstall suatu Operating System.  Yang seperti ini bisa kita manfaatkan untuk membuat video interaktif / video pembelajaran misalnya.  Jadi, praktis kan? tanpa harus repot2 merekam lewat kamera.  Nah ini adalah caranya :
  1. Buka aplikasi VM Ware anda
  2. Buka file VM Ware anda jika sudah punya / buat baru jika belum punya file-nya.
  3. Lalu jalankan komputer virtual anda dengan menekan tombol PLAY di toolbar bagian atas.
  4. Nah untuk memulai merekam, buka VM (menu yang ada di toolbar menu paling atas) lalu klik Capture Movie, kemudian tentukan Quality dan nama yang anda kehendaki, kemudian jika sudah, klik save untuk memulai merekam apa saja yang anda lakukan di VM Ware.
  5. Setelah selesai merekam, untuk mengakhiri rekaman, anda masuk lagi ke VM, lalu klik Stop Movie Capture.

Nah, file ini akan berformat .avi, untuk lebih melengkapi sebuah video interaktif, anda bisa tambahkan rekaman suara anda melalui Windows Movie Maker.  Nah, itu saja, mungkin yang akan datang akan lebih lengkap lagi, terima kasih sudah mau untuk membaca. Wassalam.

0 komentar:

Post a Comment